Kalo Ikhwan Nyari ‘Gebetan’ (1)

Ikhwan nyari gebetan? Gak salah nih? Eit, jangan su’udzon dulu ya. Meski
panggilan ikhwan identik dengan cowok pengajian, mereka juga kan manusia.
Sama seperti cowok laen. Punya rasa punya hati dan nggak punya antivirus
merah jambu. Itu artinya, ikhwan juga bisa kepeleset jatuh hati ama pesona
lawan jenisnya. Terutama pada kalangan cewek pengajian yang biasa dijuluki
akhwat. Soalnya mereka kan beraktivitas pada dunia yang sama. Dunia dakwah
gitu, lho. Wajar dongs!

Bedanya ama cowok laen, cowok pengajian mungkin lebih punya pertimbangan
mateng untuk jatuh cintrong. Ciiee, sori bukan narsis lho. So, nyari gebetan
di sini bukan berarti nyari gandengan yang bisa diajak kencan atau jalan
berduaan. Tapi untuk diajak serius melabuhkan cintanya di jalan yang halal.
Loving you, Merit yuk? Enak..enak..enak..!

Nah, kali ini kita mo ngorek informasi dari temen-temen ikhwan seputar
komentar tentang Liga Champions, eh tentang akhwat idaman mereka. Informasi
berharga nih. Penasaran? Yuk!

Akhwat idaman di mata ikhwan

Ngobrolin soal akhwat nggak bisa lepas dari sikap, karakter, dan aktivitas
dakwahnya yang dengan mudah tercium oleh ikhwan. Ada yang lincah kayak bola
bekel, ada yang rame mirip Nirina Zubir, ada yang aktif banget sampe nggak
terlalu mikirin penampilan yang seadanya, dan lain sebagainya. Pokoknya mah
bervariasi banget deh. Tapi, seperti apa sih akhwat yang disukai ikhwan?

Seorang teman dari negeri jiran, Hadi, via FS (Friendster)-nya ngasih
komentar: “..perempuan yang aku suka adalah sejuk mata memandang dek
terlihat keluhuran akhlaknya menjadi sumber ketenangan jiwa bila hati
bergelora”.

Kalo menurut ‘penkhianatyangtelahmusnah (pytm)’ dalam YM(Yahoo
Messenger)-nya, “yang jelas ngaji. Masalah pendiem, kalem, jaim, rame itu
mah selera. Rame asyik dibawa ngobrol. Kalem asik kayak punya bidadari yang
bisa diapain. Hahaha…”

Lain lagi pendapat Zubair, mahasiswa ITB (Kimia) 2002, akhwat yang
disukainya adalah yang….”Pandai berkomunikasi dalam bentuk verbal, sehingga
dengan modal dasar ini mudah-mudahan setiap masalah yang ada mampu
dikomunikasikan dan diselesaikan dengan kepala dingin, bahkan jadi modal yg
sangat cukup untuk dakwah”.

Gimana dengan akhwat yang agak agre. Maksute, akhwat yang punya inisiatif
berjuang setengah hidup nyari info tentang ikhwan idamannya. Walau
diam-diam, tapi aktif tanya sana-sini-situ. Mungkin udah ngebet kali ye ama
ikhwan incarannya en takut keburu dicantol ama yang laen. Hehehe….

‘pytm’ dan ‘javanehese2000’ bilang saat chatting, akhwat agre bukan tipe
yang disukainya. Lantaran khawatir timbul fitnah bin gosip yang nggak bisa
dipertanggungjawabkan. Mereka lebih suka yang kalem. Akhwat banget, gitu
lho. Rada pendiem en bisa jaim di tempat umum. Mungkin tipe-tipe akhwat yang
nunggu diajuin proposal ama ikhwan gitu deh. Kayak mo tujuh belasan pake
ngajuin proposal? Hihihi…

Tapi bagi Zubair, akhwat agre adalah tipe kesukaannya. “…karena kalo
orangnya terlalu pendiem, kita nggak tau secara persis keadaan dia kayak
gimana, kalo agresif alias ekspresif kan enak tuh, kalo ada masalah ketahuan
jadi mungkin kita bisa bantu tolong.” Dengan kata lain, doi nggak gitu
nyetel ama akhwat yang kalem, “… soalnya kalo yang kalem susah ditebak isi
hatinya”.

Oh ya, untuk tipe agresif meski nggak umum di kalangan akhwat, bukan berarti
‘cela’ lho. Karena Siti Khadijah pun termasuk yang ‘agresif’ hingga berani
menawarkan diri kepada Muhammad bin Abdullah setelah terpikat oleh sifat dan
karakter beliau.

Oke deh sobat, itu segelintir komentar temen-temen ikhwan tentang tipe
akhwat yang disukainya. Yang pasti, mau yang agre ataupun kalem, semuanya
sama baiknya selama sholehah. Tinggal pandai-pandainya kita aja
mensikapinya. Dan yang nggak kalah pentingnya, akhwat yang bersangkutan suka
juga ama kita. Biar nggak bertepuk sebelah tangan. Huehehe…

3 Responses

  1. kalo ikhwan idaman imma seperti apa ya?

  2. Bakda tahmid wa sholawat
    Kalo saya, jodoh itu rahasia Allah. terkadang apa yang baik untuk kita bukan berarti baik dimata Allah. Namun kita kudu yakin ama janji Allah bahwa wanita yang baik akan bersanding dengan pria yang baik. Pria yang keji akan menikah dengan wanita yang keji pula. nah pertanyaannya kita termasuk golongan yang mana? then what will we do next?
    peace

  3. Mba cariin yang “Ikhwan idaman Akhwat” yhch……!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: