Hidup Damai

Didalam kehidupan sehari-hari saya seringkali diberikan nasehat oleh ibu. ibu buat saya bagaikan rembulan yang setiap sinarnya merupakan tutur selalu menyejukkan hati. Pernah saya teringat nasehatnya bahwa jika ingin hidup kita damai, tidaklah berebut benar tapi akuilah kesalahan maka kehidupan rumah tangga, pekerjaan dan kebaradaan kita dilingkungan sekitar terasa hidup dalam kedamaian.

Resep ibu begitu luar biasa manjurnya, pernah saya dan istri bertengkar. Mengakui bahwa saya memang salah membutuhkan kekuatan didalam diri namun begitu mengakui kesalahan membuat suasana ketegangan didalam keluarga kami menjadi mencair.

Di dalam kehidupan sehari hari adakalanya pertengkaran muncul tidak kita duga. Pertengkaran terkadang disulut hal-hal yang sepele mesti tidak perlu diributkan. Kita menjadi mudah dengan mengkambinghitamkan orang lain setiap kali kita melakukan kesalahan. Padahal dengan mengkambinghitamkan orang lain justru membuat hidup kita menjadi resah dan gelisah.

Menelusuri dalam kejernihan batin dan pikiran melihat masalah hidup yang memang harus dihadapi maka terlihat celah bahwa kita terkadang berbuat salah. Kesalahan diri sendiri tertutupi sikap kekecewaan diri kita yang begitu besar sehingga kita tidak sanggup melihat kesalahan diri sendiri.

Hidup ini sungguh indah dan memberikan kedamaian yang hakiki bila melepaskan belenggu menganggap diri yang paling benar dan orang lain pasti salah. Saya teringat nasehat Imam Syafii, ‘Diri kita selalu beranggapan bahwa diri kita paling benar, bisa jadi kita salah. Orang lain yang kita anggap salah, bisa jadi benar. Maka kita bisa hidup damai.’

‘Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kehadirat Tuhanmu dengan keadaan hati yang ikhlas dan diridhai’ (Qs Al Fajr 27-28 ).
By: agussyafii

One Response

  1. Ya.. mengenai hal itu.. pandai2 kita aja bagaimana menyikapi semuanya…
    baik dalam masalah atau dalam musibah…
    tapi yang jelas… selalu tenang dan g tergesa2 dalam itu. Palagi sampe menyesal bahkan protes jika kena musibah….

    Regards,
    masmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: