Minggu 1

Lingkunganku Asri

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu pertama.

Minggu ini bertema tentang: Sekitar Rumahmu. Baiklah, saya akan menceritakan dunia saya dimana saya tinggal sekarang bersama suami dan kedua putra saya.

Keluarga kecil saya pindah ke Jombang-Jatim, tepatnya 3 tahun yang lalu. Bermula karena berniat ingin dekat dengan orangtua saya. Ternyata Allah mengabulkannya dengan saya diterima mengajar di sebuah SD Islam di Jombang, begitu juga dengan suami. Suami diterima bekerja di salah satu perusahaan swasta. Alhamdulillah semua bisa terwujud dan kami tetap bisa mandiri (tanpa seatap dengan orangtua).

Kami tinggal di sebuah rumah mungil di salah satu perumahan di Jombang dan tidak jauh dari rumah orangtua saya. Awalnya saya khawatir akan lingkungan yang baru ini. Rumah baru, tetangga baru, lingkungan juga baru. Akankah lingkungan baru ini akan nyaman bagi keluarga saya atau tidak.

Beberapa hari saya membaca lingkungan tempat tinggal saya. Saya mulai mengenal tetangga paling dekat dengan rumah kami, rumah pas di depan rumah kami. Dari sana, saya mulai bersilahturahim dan bertanya-tanya tentang kegiatan-kegiatan ibu-ibu atau bapak-bapak setiap bulannya.

Alhamdulillah… saya akhirnya mulai terjun ke dunia mereka. Setiap tanggal 7 di tiap bulannya, ada arisan ibu-ibu PKK (jumlahnya sekitar 40 ibu-ibu). Kemudian setiap tanggal 10 di tiap bulannya, ada arisan ibu-ibu dasawisma (jumlahnya lebih sedikit, 20 ibu-ibu). Dari dua pertemuan setiap bulannya itu, ternyata banyak manfaat yang bisa saya ambil pelajarannya. Selain saya semakin mengenal tetangga yang unik-unik tersebut, saya juga banyak belajar tentang pengolahan sampah 3R (Reduce,Reuse,Recycle).

Imagefoto ini diambil di depan rumah saya. Belakang foto putra saya adalah gambaran bagaimana keadaan jalan gang lingkungan rumah saya yang asri. Di setiap depan rumah ditumbuhi tanaman-tanaman hijau. Sampah juga sudah dipilah berdasarkan jenisnya.

Wah…saya beruntung berada di lingkungan baru ini. Saya belajar bagaimana mengelola sampah yang baik. Sampah unorganik bisa didaur ulang menjadi barang-barang baru yang bisa dimanfaatkan untuk rumah tangga. Sampah organik juga digunakan untuk pupuk kompos.

Kebetulan sekali, tetangga paling dekat dengan rumah saya (depan rumah) adalah seorang kader binaan dari kelurahan untuk menangani hal-hal seperti itu. Pertemuan saat arisan itulah, beliau memberikan ingatan agar selalu memilah sampah, mengumpulkan sampah unorganik yang masih bisa digunakan, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Setiap dua minggu sekali ibu-ibu di RT saya bekerja bakti membersihkan lingkungan dan toga (Taman Obat Keluarga). Setelah acara bersih-bersih tersebut, biasanya  kami berkumpul lagi kemudian diberikan ketrampilan membuat prakarya dari hasil sampah yang tidak terpakai. Contohnya membuat bunga dari bahan plastik yang tidak terpakai, tas dari bungkus kemasan kopi, taplak atau tikar dari sisa kemasan sabun cuci, penutup saji dari gelas mineral dan botol-botol bekas, dll.

habis kerja bakti, ibu-ibu membuat prakarya dari bahan-bahan sampah

habis kerja bakti, ibu-ibu membuat prakarya dari bahan-bahan sampah

gambar paling atas: ibu-ibu lagi menimbang untuk dijadikan "Bank Sampah". Eh itu nyempil ditengah siapa ya,kelihatan gundulnya. Sebelah kiri: ibu-ibu lagi makan-makan di depan rumah saya, urunan lauk&sayur. Hmm...yummy... Sebelah kanan: bapak dan ibu2 lagi kerja bakti bersih2 TOGA dan taman.

gambar paling atas: ibu-ibu lagi menimbang untuk dijadikan “Bank Sampah”. Eh itu nyempil ditengah siapa ya,kelihatan gundulnya.
Sebelah kiri: ibu-ibu lagi makan-makan di depan rumah saya, urunan lauk&sayur. Hmm…yummy…
Sebelah kanan: bapak dan ibu2 lagi kerja bakti bersih2 TOGA dan taman.

Karena keaktifan beliau dalam membimbing tetangga-tetangganyalah akhirnya RT kami sering menjadi rujukan bagi RT yang lain dalam hal kebersihan dan pengelolaan sampah. RT di tempat saya ternyata juga sering menggondol berbagai kemenangan lomba yang diadakan kabupaten. Tak ayal kami sering makan-makan hasil hadiah lomba-lomba tersebut. Bukan makan-makan di restoran, tapi kami sering makan-makan bersama di tepi jalan gang kami. Selain mendapatkan uang hadiah kemudian beberapa dimasukkan ke kas dasawisma, kami urunan makanan. Ada yang bawa lauk, ada yang bawa sayur, ada juga yang bawa buah dan es. Kami lakukan dan nikmati bersama-sama.

Alhamdulillah… Senang rasanya memiliki lingkungan yang nyaman bagi keluarga saya. Sudah lingkungannya bersih, asri, aman, dan nyaman. Tetangga-tetangga saya juga baik-baik semuanya. Kami merasa seperti menjadi saudara paling dekat.

Semoga tetangga teman-teman tak jauh beda dengan tetangga saya ya….

13 Responses

  1. Wow …. keren lingkungannya mbak Imma. Bisa sehat dan bersih ya. Orang2nya juga pada peduli diberi tahu.

    Btw, dekatan kah lokasi rumahnya sama mbak Binta?

    • Tetangga mbk Mugniar apa tidak peduli jika diberi tahu?

      Sebenarnya lumayan deket,kalau naik motor 10 menitan. Tetangga kecamatan mbk Mugniar…

  2. wah senangnya.. emang bersih lingkungan sana ya mbak🙂

    • hehe…mungkin krn ibu2nya pada rajin dan diimingi hadiah makanya semangat2 mbak. Alhamdulillah…RT ku sering dijadikan sbg wakil kelurahan kaliwungu kalau pas ada lomba2 kebersihan dan pengolahan sampah tingkat kabupaten. Sering menang lho….

  3. subhanallah, jadi ingin ikut tinggal di sana ya..:-bd

  4. Enak ya Mbak, lingkungan rumahnya, salam kenal🙂

  5. empat jempol untuk ibu-ibu tetangganya mbak…🙂

  6. […] Please…sy masih memenuhi syaratnya lho,ini br tgl.14 dini hari. Saya absen saja disini. https://ummuazhar.wordpress.com/2013/04/13/minggu-1/ […]

  7. ada rumah dijual ga disono hahaha hunting rumah sebelum pulang kampung.

Leave a Reply

