Minggu 2

Es Degan Vs Nasi Kikil Jombang

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua. Yaitu yang bertema : Rasa Lokal (Local Flavour). Wah…ini kesempatan saya untuk menguak sedikit kelebihan kota kecil saya.

Jombang. Sekitar 80 km barat Surabaya. Kota yang dikenal dengan kota santri. Juga dikenal terkenal karena terdapat makam Gus Dur, presiden ke-5 Indonesia. Tapi kali ini saya tidak membahas tentang makam Gus Dur nya. Saya akan membahas tentang kuliner kota Jombang.

Jika Yogyakarta punya gudeg, Surabaya punya rujak cingur, Sumatra barat punya masakan Padangnya, dll. Jombang juga punya makanan khas yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Yaitu es degan khas Jombang dan Kikil Jombang.

  1. Es Degan khas Jombang.

Semua sudah tidak asing dengan es degan pada umumnya. Buah dari kelapa muda yang diserut kemudian diberi gula dan es. Namun khasnya Jombang adalah es degan ini mendapat bahan tambahan yang berupa nata de coco, alpukat, dan durian yang dilengkapi dengan susu cair. Hmm…kalau pas kondisi panas-panas, terasa sueger rasanya.

Nah di Jombang, pedagang es degan ini sudah menjamur di mana-mana. Mereka berpusat di Jalan Merdeka Jombang yang sekarang sudah berubah namanya menjadi Jalan Abdurrahman Wahid. Tepatnya di depan GOR Jombang dan di depan kampus Universitas Darul Ulum, berderet para pedagang es degan khas Jombang ini. Bahkan mereka membuat paguyuban es degan khas Jombang agar mereka tetap menjaga ciri khas rasanya dan menjaga kekompakan harganya. Mereka seperti saudara satu sama lain. Dengan begitu mereka tidak merasa ada yang menyaingi dan tersaingi. Subhanallah…

Jadi jika teman-teman melewati Jombang atau memang sengaja singgah ke Jombang, jangan lupa mencoba mencicipi es degan khas Jombang ini ya…Harganya murah kok. Mulai Rp.4000 ke atas, tergantung campuran yang ingin ditambahkan. Jika ingin lengkap isinya, bisa berkisar Rp.7000.

 Selamat mencoba…   

Image

Deretan penjual es degan khas Jombang di Jl.Abdurrahman Wahid Jombang

Image

Salah satu stand penjual es degan khas Jombang

2. Kikil Jombang

Kuliner berikutnya adalah kikil Jombang. Tahu kikil? Itu lho kakinya sapi atau kerbau. Eh apa enaknya kalau dimakan? Pasti keras kalau digigit. Jangan salah…kikil disini sudah yummy sekali. Dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang agak lama, ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi (itu menurut saya ya). Tak sampai disitu, nasi kikil ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung (tunas bambu yang masih muda) dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Cara penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk. Wah…jadi laper nih pingin makan. Rasanya…maknyuuuss tenan…

Pedagang nasi kikil yang paling dikenal dan sering didatangi banyak wisatawan dari luar kota yaitu bertempat di daerah Mojosongo. Disini penjualnya sangat banyak, tinggal milih mau yang sepi apa yang ramai. Ada sekitar 10-15 pedagang yang khusus menjual nasi kikil ini. Tapi sayangnya penjual di Mojosongo ini jualnya mulai sore hingga tengah malam. Jadi kalau mau beli pagi hari ya ga ada yang jual. Tentang harga, bervariasi. Mulai dari Rp.9000 hingga Rp.15000 per porsi.

Imagesalah satu penjual nasi kikil di Mojosongo-Jombang

Image

Ini dia nasi kikil khas Jombangnya. Hmm…yummy….

Jadi bagaimana? Mau mencoba kuliner khas Jombang? Mau es degan khas Jombang apa nasi kikil khasnya Jombang? Apapun menu favoritnya, Jombang masih tetap menyediakan berbagai makanan kuliner lainnya yang takkalah serunya. Jangan khawatir kalau di Jombang ga bisa makan makanan khas daerah lainnya, semuanya ada InsyaAllah.

Yuk kuliner ke kota kecilku, Jombang nan Beriman…

Tulisan ini diikutkan dalam program 8 minggu ngeblog oleh Anging MammiriImage     dan    Image

35 Responses

  1. Kalo ngedenger kata Jombang, kayaknya adeem…:)

  2. huaaa.. baru saja aku mau nulsi nasi kikil waaahkalah cepet😀

    • makasih mbk sudah mampir…
      Hehehe…gpp kalo sama dg cari sisi yg lain mbk… Atau coba ulas ttg makam gus dur. Sayangnya aku belum pernah ke makam gus dur,makanya ga berani ulas lbh jauh.

  3. Nasi Kikil dan Es Degan. Keduanya belum pernah kucicipi. Semoga bisa suatu saat

  4. wah enak juga yah klo makan nasi kikil pls es degan siang bolong gini. ternyata jombang banyak juga mkanan enaknya jd bukan hanya ryan sm ponari aja yg terkenal dari jombang hehehe #salamucok😀

  5. Tadi saya kira Jombang yang di Tangsel. Rupanya Jombang yang sonoan lagi… Xixixi

    • xixixi…
      sy dulu pernah tinggal di Depok 3 thn, bekasi 1 thn.Dan pernah beberapa kali main ke tangerang…Jd kangen pingin kesana…

  6. es degannya kayaknya segeerr niihh..

  7. Mampir kesini ketika siang hari yang terik, hemm… jadi ngiler dengan es degan khas jombang, kapan ya bisa ke Jombang…

    • ayo dicoba-dicoba es degan khas Jombangnya…
      eh tapi sy bukan penjualnya ya…
      disempatkan saja mampir ke Jombang.

  8. pengen nyoba jadinya🙂

  9. aduh2 degannya… liat nasi kikil jd ikutan laparrr

  10. suka kikil.. suka suka.. tapi klo harus ke jombang, mmmm.. jauh mba.. tp postingannya tetep bikin saya ngiler..🙂

    • sudah pernah nyobain di daerah lain belum?
      lebih asyik langsung kuliner ke jombang lho,bikin ketagihan….

  11. Kalo nasi kikil, saya pernah dengar mbak seperti di Makassar ada juga koq yang jual, tapi koq belum pernah berminat makan gara2 tahu dari kaki hehehe.

    Es degannya … pingin nyoba🙂

    • aih mbk mugniar,jangan lihat kakinya, tapi rasakan dulu rasanya…
      bisa dicoba es degan ala tangannya mbk mugniar kl blm bs ke jombang…:)

  12. milih es degannya aja mbak🙂

  13. Penasaran, bagaimana yah rasanya Kikil Jombang. Heheheh. Saya pernah ke Jepara, coba Kikil tumis juga di sana. Rasanya manis-manis gitu..

  14. itu penjual cuma liatin doang deh pas lewat, penasaran kebawa ampe sekarang. secara rada ati ati kalo minum es ga tahan adem soale hehehe. nah nasi kikil pantes ga nemu lha jarang leluyuran daerah jombang malem2.

    • orang jombang kok ya belum merasakan kuliner asli jombang. ayo ndang ngincipi es degannya, kan bisa ga pake es/es nya dikit aja biar ga kedinginan…

  15. Mauuu, mudah2an suatu saat nanti bisa mampir ke Jombang😀

  16. Nasi kikil kayaknya enak *lirik foto*😀

  17. Malang punya aku.

  18. Malang punya nya akuuuuuuuuuuuuuu…………. Hehehehhehhhhhheeeeeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: