Minggu 4

Warna

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat yang bertema “warna”. Kali ini saya mau bercerita tentang karakteristik sebuah warna yang diaplikasikan pada sebuah cerita dongeng. Simak ceritanya ya…

istana

Di suatu kerajaan entah berantah, tinggallah 3 putri warna yang cantik-cantik jelita. Putri pertama yang merupakan putri paling tua bernama Princess Green,  ia mempunyai sifat : senang meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Princess Green sangat senang dipuji, juga senang menasihati orang lain.

Putri kedua bernama Princess Pink. Princess Pink mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Ia termasuk putri paling cantik diantara kakak dan adiknya.

Putri ketiga bernama Princess Yellow. Princess Yellow adalah putri paling muda, ia cenderung santai dalam menghadapi masalah karena ia senang menunda-nunda masalah. Putri ini mempunyai cita-cita setinggi langit .

Meskipun ke tiga putri warna ini memiliki perbedaan sifat, mereka tetap kompak dan takpernah saling bermusuhan. Mereka bertiga mendapatkan amanah dari kedua orang tuanya agar menjaga ikatan persaudaraan mereka. Bahkan setelah mereka beranjak dewasa, mereka tetap saudara yang saling menyayangi satu sama lain.

Suatu hari, ada seorang panglima perang yang memberikan surat khusus dari kerajaan tetangga untuk Raja. Surat khusus itu berisi undangan makan malam untuk salah satu putrinya. Undangan itu hanya diberikan kepada putri yang mau dinikahkan dengan pangeran putra raja dari kerajaan tetangga.

“Princess Green, sebaiknya kau saja yang datang memenuhi undangan itu,” cetus Princess Yellow dengan senang.

“Tidak, kau saja Princess Pink. Kau kan lebih cantik dari kita berdua. Jika nanti kau menikah dengan pangeran itu, orangtua kita akan bangga karena mendapatkan pangeran yang tampan. Pas sesuai denganmu yang cantik jelita,” balas Princess Green.

“Memang Princess Gren tahu setampan apa pangeran itu?” Tanya Princess Pink. Dan ternyata taksatupun yang mengenal pangeran kerajaan tetangga. Seperti apa wajah dan sifatnya, tak ada yang tahu sama sekali. Akhirnya mereka memberanikan diri untuk bertanya pada Raja, ayah mereka.

Namun apa yang dijawab oleh Raja? Raja tidak memberikan jawaban sama sekali, Raja hanya memberikan saran pada mereka agar menyelidiki siapa pangeran itu secara diam-diam sebelum memutuskan undangan itu berlangsung.

Semua putri mencari ide bagaimana mendapatkan info tersebut. Untuk kali ini mereka memiliki cara yang berbeda dalam penyelidikannya. Mereka juga berjanji untuk tidak bercerita hasil penyelidikan tersebut hingga hari terakhir penyelidikannya.

Princess Grenn memiliki ide akan menyamar menjadi perempuan jelata di kerajaan tetangga. Ia akan lebih puas jika mengetahui secara langsung kebenarannya. Princess Pink memiliki ide akan mengirim mata-mata untuk mencari info pengeran tersebut. Ia menugaskan seorang panglima perang yang ditugaskan ke kerajaan tetangga. Ia tidak mau menyelidiki sendiri karena takut penyamarannya langsung diketahui.

Princess Yellow justru meremehkannya. Ia takingin menyelidiki siapa pangeran tersebut. Ia berkeyakinan bahwa pangeran takmungkin mengecewakan, pangeran pastilah tampan dan gagah.

Hingga akhirnya H-2 undangan makan malam, raja bertanya pada putri-putrinya tentang hasil penyeledikannya selama satu minggu tersebut. Princess Green mengatakan pada raja dan kedua adiknya bahwa pangeran itu telah membantunya meringankan bebannya selama penyamaran. Ia memberi makan, minum dan pakaian kepada Princess Green dan orang-orang yang sama miskinnya.

Untuk Prinsess Pink, ia bercerita hampir sama dengan Princess Green. Pengeran sangat baik, membangunkan rumah sederhana untuk rakyat miskin. Persis yang dibilang panglima utusan Princess Pink.

Sedangkan Princess Yellow, ia takbisa berkata apa-apa. Ia hanya bilang, “Benar, pangeran sangat baik sekali…” meski sebenarnya ia takpunya bukti yang kuat, ia hanya menyimpulkan apa yang dikatakan kedua kakaknya.

Dari kisah di atas, kira-kira siapakah yang berkesempatan dan berkeinginan untuk memenuhi undangan pangeran serta berhak menjadi istri pengeran? Dan apa alasannya sehingga putri warna tersebut mau memenuhi undangan dan menjadi istr i pangeran?

Ehm…saya bikin kuis saja deh. Siapa yang jawabannya paling benar, akan saya kirimkan pulsa 10 rb ya… Maaf cuma sedikit hadiahnya… Jawaban ditunggu paling lambat ahad, 5 Mei 2013 pukul 23.59. InsyaAllah pengumumannya hari senin, 6 Mei 2013 beserta cerita dongeng lanjutannya.

Terimakasih teman-teman atas partisipasinya…

banner8MIngguNGeblog

16 Responses

  1. Aih dongengnya kereeeennnn., ada kuisnya lagi.asyik. aku ikutan kuisnya deh. Jawabanku princess green karena dia sudah saling kenal dengan pangeran itu ada sudah saling kerjasama jadi sebenernya keduanya sudah saling jatuh cinta (hahahahaha ini versi drama korea banget ya jawabanku..xixixi).
    Btw, gabung ma group dongeng anak deh mereka suka nyari dongeng anak yangnkeren kayak gini buat ngisi website mereka

    • hehe..masih belajar kok mbak Ade Anita…
      Oke,jawabannya akan disimpan.
      Ehm…boleh deh,siapa tahu dapat ilmu lbh banyak dari berkumpulnya sy dg grup mereka.
      Sekali lagi terimakasih banyak mbk…

  2. wah keren dongengnya nih mbak..
    aku jawab princes green..yang berkesempatan dan berkeinginan untuk mengahdiri undangan. prices pink berkeinginan tpi tdk berkesempatan karena ayahanda (raja) memutuskan bahwa princes green lbh berhak karena paling bersungguh2 dan berani dalam misi penyelidikannya. sementara princes yellow tdk berkeinginan dan berkesempatan.. ya karena dia terlalu nyantai.. lagipula dia kan anak bungsu wajarlah kalo mikir nikah nanti2 saja setelah kakak2nya, disamping itu juga ga tau2 banget gimana sebenarnya pangeran selain dr keterangan 2 kakaknya..
    hehehe.. sotoy.. tp seru deh.
    gutlak ya mbak imma.. postingan terunik dr yg pernh kusinggahi dlm tema ini🙂

    • makasih banyak ya mbak sudah singgah dan membacanya…
      okey,jawabannya akan dikunci. Smg menang ya…Hehehe…
      Aku malah takut mbk,takut postingan ini tdk sesuai dg penilaian jurinya. Karena ga ada syarat yg mengatakan ttg dongeng/cerita imajinasi. Smg jurinya luluh ya dan mau menerima🙂

  3. Kayaknya yang green, alasannya karena dia anak perrtama so pasti nikah duluan donk. Trus dia sudah mengenal luar dalemnya si pangeran

  4. Beneran… kereeen. Makasi Bunda atas dongengnya. Izin share ke siswa-siswaku.
    mmm, pengen ikutan kuis deh… hehhe. Saya jawabnya Princess Yellow…kakak2nya sudah punya referensi tentang pangeran… nah Yellow belum sama sekali. Jadi dia diberi kesempatan untuk itu. juga atas kepercayaan yang dia berikan terhadap pangeran (hehhe…gak ilmiah banget ya jawabannya)…

    • Terimakasih…iya silahkan, eh tapi kan belum tahu akhir ceritanya…
      Siap, jawabannya sdh disimpan. Semoga menang ya…

  5. Princess Green karena ia sudah melihat sendiri sang pangeran.
    Keren tulisannya mbak🙂

    • mbak mugniar…kira2 tulisan ini masih sesuai dg syarat jurinya kan???
      jawabannya sudah dikunci,makasih sdh mampir…
      love you…

  6. salam kenal mba, baru kenal langsung ikutan neh hehe. jawaban saya princess green hehe😀

  7. kayaknya yg princess green de ve abisnya dia yg brani nyelidiki sendiri brarti dia org yg brani trima tantangan n td kn ktny salah satu sifatny yg superior
    tp bisa jadi princess pink krn dia kn ktny orgny pasrah jd mungkin disuruh2 pasrah aj lagian lbh cantik kykny…he3
    ato mungqn yg yellow krn dia kn plg g serius jadinya g tau kl ad sisi negatif sang pangeran jd wkt dengar cerita dr princes green n pink yg mungqn g bil yg sebenernya dia terpengaruh,kn td ktny g kn cerita…he3
    bingung ve,tp mungqn alasan yg lebih kuat yg yellow ve ni kn cerita dongen yg harusnya punya makna n ad unsur pendidikan didalamnya

    • aisyah, aku jd bingung jawabannya semua Princess ditulis. Tapi jawaban yang paling terakhir yang akan dikunci ya?

      Jawabannya stlh ini akan aku umumkan sekaligus siapa yg berhak dpt pulsa gratisnya.

  8. ikutan dong bund..sekalian menyalurkan imajinasiku..tapi kalo keterlaluan menghayalnya,jgn diketawain ya bund..
    yg berkeinginan adalah princess yellow coz dia kan punya impian yg tinggi..
    menikahi pangeran yg baik hati kan termasuk impian yg tinggi,
    tp yg brkesempatan adalah princess green..coz dia jelas ingin jd permaisuri raja yg baik hati dong..princess pink sedari awal udh ga berkeinginan kenal ama tuh pangeran..
    itulah hasil mengarang indah sya,bunda..

    • hikmatul auliya,senangnya disinggahin ma dirimu. Makasih ya sudah ikut kuisnya. Semoga menang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: