Jagoanku Kena Cacar Air

Tepat 2 minggu yang lalu, jagoan saya yang besar kena cacar air. Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen.

Awalnya saya sangat khawatir karena penyakit ini sangat mudah menular. Dan yang saya takutkan adalah menular ke adiknya yang masih unyu-unyu. Apalagi saat Azhar tidak masuk sekolah,otomatis ia bermain di rumah bersama adiknya. Azhar sudah saya pesani agar tidak dekat-dekat dengan adiknya saat bermain. Namanya anak2, mereka tidak ingat dengan pesan bundanya. Tanpa beban, mereka saling bergelut, bercanda, dan bahkan bersentuhan, berpelukan. Subhanallah…saya hanya bisa berdoa agar adiknya tetap sehat dan tidak ketularan.

ImageFoto bagian dada Azhar saat kena cacar air.

Alhamdulillah setelah masnya sembuh (tepatnya 1 minggu sejak bintik2 muncul) adiknya tetap dalam keadaan baik. Saya bersyukur, sentuhan azhar tidak menularkan ke adiknya. Saya senang masa-masa itu sudah selesai, dan adiknya bisa bermain dengan leluasa setelah itu.ImageFoto Azhar setelah sembuh dari Cacar&Azka tetap sehat.

Selang seminggu kemudian, saya mendapati ada bercak bintik-bintik pada tubuh adiknya, Azka. Innalillahi… jangan2… Saya mulai mengkhawatirkan. Saya cari info tentang cara penularan cacar air di mbah google. Akhirnya saya dapatkan info ini:

Penyakit Cacar Air ditularkan oleh Virus Varisela Zoster, suatu virus yang sangat mudah Menular..

Virus Varicella Zoster menular lewat Cairan tubuh orang yang sakit Cacar Air. Cairan tubuh yang sering menularkan Cacar Air, antara lain lewat bersin, batuk, cairan ingus, cairan gelembung cacar air yang pecah, bekas cairan cacar air di pakaian dll

Bila cairan tubuh orang yang sakit Cacar Air masuk ke mukosa (lapisan dalam mulut, hidung, mata, kelamin dll) orang yang sehat, orang sehat itu akan tertular sakit Cacar air..

Orang yang sakit Cacar Air bisa menularkan penyakit Cacar air sejak sekitar 5 hari sebelum cacar air (gelembung berisi air) muncul di kulit penderita Cacar Air, hingga 5 hari setelah saat pertama cacar Air muncul di kulit..

Saya menyerah. Saya pasrah. Allah sudah menunjuk Azka untuk kena penyakit ini pula di usia yang belum genap 2 tahun. Saya hanya berusaha agar Azka tetap tenang dan bisa segera sembuh dari sakit ini. Ya, sejak tulisan ini meluncur, putra kecil saya sedang sakit cacar air di hari ke-4. Dari segi jumlah bintik2nya, Azka jauh lebih banyak daripada Azhar. Saya sebagai bunda harus ekstra sabar dalam menghadapi si kecil. Saya melihatnya sungguh kasihan sekali, kadang saya merasa tidak tega dengan bintik2 di sekujur tubuh dan wajahnya. Cepat  sembuh ya Nak…

Image

Foto punggung Azka usai berobat ke dokter spesial kulit, langsung dikasih bedak tabur.

Harapannya, cacar air ini menjadi sakit awal dan terakhir buat putra2 saya. Saya dengar dan mencari info bahwa setelah terkena pertama kalinya, kelak tidak akan terkena lagi karena untuk keduanya ia akan menjadi imun di tubuhnya sehingga tidak akan kena lagi. Itu hikmahnya. Azka yang belum genap 2 tahun sudah kena cacar, nanti saat sudah besar tidak akan kena cacar lagi. Aamiin….

 

2 Responses

  1. de Azka pa kabar Bun? Msh sakit???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: