Minggu 8

 

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan dengan tema “Komunitas Ideal”.

Sueneng rasanya dapat tema ini. Why? Karena sampai detik ini saya lagi jatuh cinta pada suatu komunitas. Komunitas ini berisi ibu-ibu yang punya visi misi dakwah di masyarakat. Komunitas itu adalah SALIMAH (Persaudaraan Muslimah). Kebetulan saya berkecimpung di dalam barisan salah satu pengurus Pimpinan Daerah Jombang.salimah logo

Salimah memiliki visi menjadi ormas muslimah yang dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia. Dari visi ini bisa dipahami bagaimana alur kerja yang akan dihadapi oleh Salimah ke depannya. Targetnya adalah ibu-ibu masyarakat yang kelak menjadi pendobrak keluarga yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Menjadi ibu yang sholehah untuk suaminya, untuk anak-anaknya dan mampu bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Kali ini saya mau bercerita tentang kegiatan Salimah PD Jombang yang terakhir kami lakukan. Saya dan teman-teman sejak bulan Maret 2013 hingga Mei 2013 sedang asyik dengan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Program ini sebenarnya dari Salimah Pusat yang bertempat di Jakarta. Sedangkan PD Jombang dan PD yang lain meneruskan atau menyalurkan program ini sampai ke masyarakat paling bawah (masuk ke desa-desa).

Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan sebuah upaya bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang potensial  untuk menghasilkan sumber pangan yang dibutuhkan. Bertanam beragam sayuran dan buah serta beternak beberapa jenis ikan masih mungkin dilakukan oleh sebagian besar keluarga di Indondesia. Karena  masyarakat Indonesia diuntungkan oleh kondisi iklim yang bersahabat untuk bisa menanam sayur dan buah sepanjang tahun. Menurut Balitbang Kementan, jumlah lahan pekarangan di Indonesia ada sekitar 14juta hektar, potensial untuk dimanfaatkan . Program ini merupakan salah satu bentuk dari pelaksanaan kesepakatan kerjasama antar PP Salimah dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Pertanian. Dengan program ini diharapkan keluarga Indonesia memiliki  solusi nyata  untuk menghadapi krisis pangan, krisis ekonomi maupun krisis lingkungan.

Program kami waktu itu dimulai di kecamatan Mojowarno dan targetnya 2 desa sekaligus. Kemudian menyusul di Dsn. Mayangan kecamatan Jogoroto, desa Sengon dan desa Butuh kecamatan Jombang. Berikutnya di kecamatan Perak, kecamatan Mojoagung yang dilaksanakan bulan Mei. Dan terakhir kecamatan Kesamben yang insyaAllah akan dilaksanakan akhir bulan ini. Hehe…sayang foto2 kegiatannya yang bagus-bagus dibawa temen.

KRPL

krpl2

Tahu tidak bagaimana respon ibu-ibu yang kami kunjungi dalam program KRPL ini? Wuah…luar biasa senengnya. Mereka senang sekali mendapatkan bibit terong, cabe, dan tomat, benih kangkung, bayam, dan sawi plus dapat polybag dan humus. Setiap ibu akan mendapatkan paket itu dari Salimah PD Jombang yang diketuai oleh bu Afifah. Kami yang sebenarnya sudah capek dalam perjalanan menuju tempat tujuan, tiba-tiba hilang semuanya ketika melihat mereka bahagia dengan kedatangan kami ke desa-desa. Mereka sangat welcome dengan kami. Kami pun merasakan kebahagiaan yang tidak bisa diukur dengan apapun. Kami merasa kami dibutuhkan oleh mereka. Senang pokoknya…

Setelah program KRPL selesai, berikutnya yang menjadi PR untuk Salimah PD Jombang adalah membentuk jaringan SISTER (Sekolah Ibu Salimah Terpadu ). SISTER yang merupakan sekolah terbuka bagi para perempuan Indonesia di akar rumput diharapkan dapat menjadi komponen yang berperan dalam mengembangkan masyarakat (community development). Dengan program ini diharapkan seluruh motivator Salimah dapat lebih mengenal secara dekat perempuan-perempuan di sekitarnya, memahami lebih dalam permasalahan mereka dan dapat berperan untuk melakukan pendampingan serta pembinaan melalui berbagai program di kelas-kelas terbuka yang diadakan secara rutin di tempat-tempat yang memungkinkan. SISTER mempunyai silabus sendiri yang diantaranya adalah membahas tentang psikologi keluarga, ketrampilan, kesehatan, keuangan, dsb.

Klop bukan? Setelah KRPL kemudian berikutnya SISTER. Jujur sebenarnya amanah ini tidaklah mudah bagi kami. Tapi kami berusaha untuk melaksanakannya dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan bagi kami agar amanah-amanah tersebut tercapai. Yaitu menjadikan ormas muslimah yang dinamis dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, keluarga dan anak Indonesia.

Aamiin…

Sooo….. komunitas ini ideal menurut saya. Bagaimana menurut teman-teman? Adakah Salimah di daerah teman-teman?

 

 

23 Responses

  1. semoga tetap eksis saja SALIMAH (Persaudaraan Muslimah)..
    tetap semangat ngeblog…😀

  2. Mantan Kepsek saya orang Salimah. Beliau sekarang pindah ke unit SMA ngajarnya. Komunitas Salimah memang keren. Pernah ngadain pelatihan membuat blog untuk remaja putri yg brtempat d lab komputer skolah t4 sy ngajar…

    • iya,salimah mmg programnya tidak melulu majlis taklim saja. Tapi banyak dan bervariasi shg ibu2 tdk mudah bosan dan makin tambah ketrampilannya..

  3. Eh, baru ingat. Smoga slalu sehat bun….😀

  4. keren mbak.. ^^

    • Aamiin…semoga tetap keren ya mbak….
      Yuk bergabung di komunitas kami, bersama Bunda Umi juga lho.

  5. Selamat berjuang mbak, untuk komunitas idealnya. Salut dengan kontribusi nyata komunitasnya, bersumbangsih terhadap pembangunan setempat..

  6. Ibu, dalam hal ini adalah perempuan ialah pondasi awal pendidikan untuk anak2nya, dan dengan adanya komunitas seperti ini semoga bangsa ini semakin maju, bukankah kaum ibu memegang peranan penting dalam pembentukan karakter anak?,
    namun semoga juga karena banyaknya kegiatan2 yang diadakan komunitas ini sehingga perhatian ke anak2 jadi terlantar, hehehe.. smoga ngak lah..

    O iya, jadi anggotanya semuanya ibu2 ya?,
    mungkin saja ada yang masih single?. Kenalin dong, dan sampaikan salam ya.. hehehe

    • Alhamdulillah dlm setiap kegiatan, kami takpernah menelantarkan anak2 kami lah…Kami biasanya membawa anak2 kami. Biar anak2 ikut semangat dakwahnya. Hehehe…
      Kebetulan yg pengurusnya ibu2. Tapi dibalik layar yg banyak membantu kami, ada beberapa akhwat yg belum menikah.
      Kenalin? Boleh takkenalkan ntr….

  7. wah, wah, komunitas yg sangat bermanfaat😀

  8. Salut dengan Bunda Imma dan komunitas Salimah-nya. Semoga terus berkarya dan berkontribusi positif untuk masyarakat Indonesia. semoga terus eksis adan istoqomah di jalan dakwah, jalan yang tak selalu mudah namun Insya Allah berbuah Surga, aamiin….

    • Aamiin…Aamiin…Aamiin….
      Bener mbk,jalan ini mmg tdk mudah. Semoga Allah memudahkan jalan dakwah kami. Jazzakillah sdh mampir…

  9. Waahh… keren ya, komunitasnya. Semoga Salimah tetap jaya ya, dan bisa melebarkan sayapnya

  10. di dekat rumahku ada salimah. tapi aku bingung gimana bergabung dengan mereka. hehehe

    • langsung ke sana aja mbak Ade. Teman2 Salimah pasti akan senang sekali menerima dan mengajak mbak ikut berbagai kegiatannya. Saya pingin bisa ke PP Salimah di Jakarta, biar nambah ketularan semangatnya.

  11. waaah di Jombang ada komunitas ini ya? Saya juga dari Jawa Timur, Pasuruan. Ada tidak yaaa? saya belum cari tahu, hehe. Semoga ada, saya jadi pengen gabung ^^ terima kasih infonya yaaa

    tetap semangat ngeblog yaaa_
    Salam manis,
    Arga Litha

  12. bun…program sisternya dlm bentuk apa ya? seminar ato majlis taklim?
    kalo KOB dah jlan programnya bun?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: